Apakah Anda selalu
merasa ingin menjadi lebih produktif dan lebih teratur? Apakah Anda merasa
bahwa Anda menghabiskan hari dengan aktivitas-aktivitas yang penuh hiruk pikuk
dan kemudian pada akhirnya heran mendapati diri Anda teryata tidak pernah
benar-benar menyelesaikan banyak hal?
Keterampilan mengatur
waktu sangatlah penting bagi semua orang, terutama bagi orang-orang yang
meiliki bisnis. Mereka sering kali harus melakukan banyak pekerjaan-pekerjaan
yang berbeda sepanjang hari. Tips-tips manajemen waktu berikut ini akan
membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas Anda tanpa stress.
- Sadari
bahwa manajemen waktu sebenarnya adalah mitos
Tidak peduli betapa
pun teraturnya seseorang, semua orang hanya selalu memiliki 24 jam dalam
sehari. Hal itu tidak pernah berubah. Yang dapat kita atur adalah diri kita
sendiri dan apa yang kita lakukan dengan waktu yang kita miliki.
- Cari
tahu di mana Anda banyak membuang waktu
Banyak dari kita
menjadi mangsa monster waktu yang mencuri waktu-waktu kita yang sebenarnya bisa
digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif. Apa yang menjadi monster waktu
Anda? Apakah Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berselancar di
internet, membaca email, atau menelepon teman-teman gaul Anda?
- Membuat
goal dari manajemen waktu Anda
Ingatlah, fokus dari
manajemen waktu sebenarnya adalah merubah kebiasaan Anda, dan bukan merubah
waktu itu sendiri. Sebagai awal yang baik, cobalah hilangkan kebiasaan Anda
membuang-buang waktu. Contohnya, untuk satu pekan, tetapkan goal bahwa Anda
tidak akan menelepon teman-teman Anda untuk ngobrol pada saat Anda sedang bekerja.
- Terapkan
rencana manajemen waktu
Pikirkan sebuah
pengembangan lebih lanjut dari tips nomor 3 di atas. Tujuannya adalah untuk
merubah kebiasaan Anda secara bertahap sehingga pada akhirnya Anda dapat meraih
sasaran umum yang telah Anda tetapkan, misalnya meningkatkan produktivitas atau
menurunkan stress. Maka Anda mesti menetapkan sasaran yang spesifik, dan tetap
mengikutinya seiring waktu dan mengevaluasi apakah Anda berhasil meraihnya atau
tidak.
- Gunakan
alat bantu
Bisa berupa agenda,
atau aplikasi pada gadget Anda. Langkah pertama untuk secara fisik mengatur
waktu Anda adalah mengetahui apa yang terjadi saat ini dan merencakan bagaimana
Anda akan menghabiskan waktu Anda kemudian. Sebuah aplikasi seperti outlook,
contohnya, akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat jadual dan
mengingat acara-acara dan janji-janji temu. Dengan demikian, manajemen waktu
Anda akan terasa lebih mudah.
- Buat
prioritas
Anda harus memulai
setiap hari dengan sesi untuk membuat prioritas dari hal-hal yang akan Anda lakukan
sepanjang hari itu, dan menetapkan ukuran target performansi Anda. Jika Anda
memiliki 20 tugas untuk hari itu misalnya, berapa banyak sih yang benar-benar
harus Anda selesaikan?
- Belajar
untuk mendelegasikan
Tidak peduli berapa
pun besarnya usaha atau urusan Anda, tidak berarti semua itu harus Anda
selesaikan sendiri. Untuk manajemen waktu yang lebih efektif, Anda harus
merelakan orang lain untuk membawa sebagian beban Anda.
- Bangunlah
rutinitas dan konsisten semaksimal mungkin
Di saat-saat
tertentu, krisis konsistensi mungkin terjadi. Tapi Anda akan jauh lebih
produktif jika Anda mengikuti rutinitas di sebagian besar waktu Anda.
- Biasakan
untuk menetapkan batas waktu untuk setiap tugas.
Contohnya, membaca
dan menjawab email dapat menghabiskan sepanjang hari jika Anda membiarkannya.
Maka, tetapkan batas satu jam sehari untuk pekerjaan ini dan ikuti batas waktu
tersebut.
- Pastikan
sistem Anda teratur
Apaah Anda
menghabiskanbanyak waktu untuk mencari file di computer Anda? Cobalah
menyisihkan waktu utuk mengatur file-file Anda pada komputer.
- Jangan
menghabiskan waktu untuk menunggu
Rasanya tidak mungkin
untuk menghindari menunggu seseorang atau sesuatu. Dari pertemuan dengan klien
sampai janji dengan dokter gigi. Tapi Anda tidak harus hanya duduk diam di sana
kan? Selalu bawa sesuatu bersama Anda, seperti laporan yang harus dibaca,
pekerjaan yang harus direvisi, atau sekedar buku catatan yang dapat Anda
gunakan untuk merencanakan kegiatan pemasaran Anda berikutnya. Teknologi telah
membuat kita lebih mudah untuk bekerja di mana saja; PDA, smartphone, atau
tablet Anda akan membantu Anda tetap terhubung di mana saja.
Anda dapat tetap
mengendalikan dan menyelesaikan apa yang harus Anda selesaikan – ketika Anda
telah menguasai aturan-aturan manajemen waktu dan mengendalikan waktu Anda
sendiri

Tidak ada komentar:
Posting Komentar