Rabu, 18 Desember 2013

MANAJEMEN DIRI ADALAH KUNCI MANAJEMEN WAKTU

Apakah Anda selalu merasa ingin menjadi lebih produktif dan lebih teratur? Apakah Anda merasa bahwa Anda menghabiskan hari dengan aktivitas-aktivitas yang penuh hiruk pikuk dan kemudian pada akhirnya heran mendapati diri Anda teryata tidak pernah benar-benar menyelesaikan banyak hal?
Keterampilan mengatur waktu sangatlah penting bagi semua orang, terutama bagi orang-orang yang meiliki bisnis. Mereka sering kali harus melakukan banyak pekerjaan-pekerjaan yang berbeda sepanjang hari. Tips-tips manajemen waktu berikut ini akan membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas Anda tanpa stress.
  1. Sadari bahwa manajemen waktu sebenarnya adalah mitos
Tidak peduli betapa pun teraturnya seseorang, semua orang hanya selalu memiliki 24 jam dalam sehari. Hal itu tidak pernah berubah. Yang dapat kita atur adalah diri kita sendiri dan apa yang kita lakukan dengan waktu yang kita miliki.
  1. Cari tahu di mana Anda banyak membuang waktu
Banyak dari kita menjadi mangsa monster waktu yang mencuri waktu-waktu kita yang sebenarnya bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif. Apa yang menjadi monster waktu Anda? Apakah Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berselancar di internet, membaca email, atau menelepon teman-teman gaul Anda?
  1. Membuat goal dari manajemen waktu Anda
Ingatlah, fokus dari manajemen waktu sebenarnya adalah merubah kebiasaan Anda, dan bukan merubah waktu itu sendiri. Sebagai awal yang baik, cobalah hilangkan kebiasaan Anda membuang-buang waktu. Contohnya, untuk satu pekan, tetapkan goal bahwa Anda tidak akan menelepon teman-teman Anda untuk ngobrol pada saat Anda sedang bekerja.
  1. Terapkan rencana manajemen waktu
Pikirkan sebuah pengembangan lebih lanjut dari tips nomor 3 di atas. Tujuannya adalah untuk merubah kebiasaan Anda secara bertahap sehingga pada akhirnya Anda dapat meraih sasaran umum yang telah Anda tetapkan, misalnya meningkatkan produktivitas atau menurunkan stress. Maka Anda mesti menetapkan sasaran yang spesifik, dan tetap mengikutinya seiring waktu dan mengevaluasi apakah Anda berhasil meraihnya atau tidak.
  1. Gunakan alat bantu
Bisa berupa agenda, atau aplikasi pada gadget Anda. Langkah pertama untuk secara fisik mengatur waktu Anda adalah mengetahui apa yang terjadi saat ini dan merencakan bagaimana Anda akan menghabiskan waktu Anda kemudian. Sebuah aplikasi seperti outlook, contohnya, akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat jadual dan mengingat acara-acara dan janji-janji temu. Dengan demikian, manajemen waktu Anda akan terasa lebih mudah.
  1. Buat prioritas
Anda harus memulai setiap hari dengan sesi untuk membuat prioritas dari hal-hal yang akan Anda lakukan sepanjang hari itu, dan menetapkan ukuran target performansi Anda. Jika Anda memiliki 20 tugas untuk hari itu misalnya, berapa banyak sih yang benar-benar harus Anda selesaikan?
  1. Belajar untuk mendelegasikan
Tidak peduli berapa pun besarnya usaha atau urusan Anda, tidak berarti semua itu harus Anda selesaikan sendiri. Untuk manajemen waktu yang lebih efektif, Anda harus merelakan orang lain untuk membawa sebagian beban Anda.
  1. Bangunlah rutinitas dan konsisten semaksimal mungkin
Di saat-saat tertentu, krisis konsistensi mungkin terjadi. Tapi Anda akan jauh lebih produktif jika Anda mengikuti rutinitas di sebagian besar waktu Anda.
  1. Biasakan untuk menetapkan batas waktu untuk setiap tugas.
Contohnya, membaca dan menjawab email dapat menghabiskan sepanjang hari jika Anda membiarkannya. Maka, tetapkan batas satu jam sehari untuk pekerjaan ini dan ikuti batas waktu tersebut.
  1. Pastikan sistem Anda teratur
Apaah Anda menghabiskanbanyak waktu untuk mencari file di computer Anda? Cobalah menyisihkan waktu utuk mengatur file-file Anda pada komputer.
  1. Jangan menghabiskan waktu untuk menunggu
Rasanya tidak mungkin untuk menghindari menunggu seseorang atau sesuatu. Dari pertemuan dengan klien sampai janji dengan dokter gigi. Tapi Anda tidak harus hanya duduk diam di sana kan? Selalu bawa sesuatu bersama Anda, seperti laporan yang harus dibaca, pekerjaan yang harus direvisi, atau sekedar buku catatan yang dapat Anda gunakan untuk merencanakan kegiatan pemasaran Anda berikutnya. Teknologi telah membuat kita lebih mudah untuk bekerja di mana saja; PDA, smartphone, atau tablet Anda akan membantu Anda tetap terhubung di mana saja.
Anda dapat tetap mengendalikan dan menyelesaikan apa yang harus Anda selesaikan – ketika Anda telah menguasai aturan-aturan manajemen waktu dan mengendalikan waktu Anda sendiri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar